Sambut Bulan Suci Ramadhan, MA Miftahussalam Giat Tadarus Al-Quran
Agenda Rutin Bulan Suci Ramadhan

By Administrator 25 Mar 2024, 13:13:58 WIB Kegiatan Sekolah
Sambut Bulan Suci Ramadhan, MA Miftahussalam Giat Tadarus Al-Quran

Gambar : Dewan Guru membaca Kitab Suci Al-Quran di Ruang Guru secara khidmat


Wonosalam - Bulan Ramadhan merupakan bulan suci dalam agama Islam, memberikan kesempatan bagi umat Muslim untuk mendekatkan diri pada Sang Pencipta, Allah SWT., dan meningkatkan kesadaran spiritual serta memperkuat ikatan dengan sesama umat manusia. 

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW: "Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan dengan iman dan mengharapkan pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni." (HR. Bukhari). Hadits tersebut menegaskan pentingnya berpuasa selama bulan Ramadhan serta menunjukkan bahwa bulan ini adalah waktu yang sangat istimewa untuk menjalankan ibadah. 

Seluruh umat Islam menantikan kedatangan bulan Ramadhan dengan penuh antusias dan bahagia setiap tahunnya. Begitu pula dengan civitas akademika Madrasah Aliyah Miftahussalam yang tidak ingin melewatkan hari-hari istimewa selama bulan Ramadhan. 

Setiap paginya peserta didik dan dewan guru membaca atau Tadarus Al-Qur'an. Sebelumnya, mereka menjalankan ibadah jama'ah sholat Dluha di Masjid Ghoiru Jami' Miftahussalam, yang berada di lingkungan madrasah. 

Selain pagi hari, Dewan Guru melanjutkan kembali tadarus yang dilaksanakan selesai kegiatan belajar mengajar atau pukul 11.30 - 12.00 WIB. 

Wakil Kepala madrasah bidang Kehumasan, Moh. Rofiq Luthfiyana mengatakan setiap Bulan Ramadhan madrasah rutin mengadakan kegiatan tadarusan. Dan itu sudah menjadi program tahunan kehumasan.

"Setiap bulan Ramadhan, agenda Tadarus Al-Qur'an menjadi rutinitas wajib yang dilaksanakan peserta didik dan dewan guru setiap hari. Hal itu sebagaimana yang menjadi visi misi madrasah dalam mendidik akhlak dan perilaku warganya. Semoga dengan membacanya, kita mendapatkan kemuliaan dan keberkahan dari Al-Qur'an dan kesucian bulan Ramadhan", jelasnya.


Senada kepala madrasah, Parsidi menuturkan pada prinsipnya madrasah tidak ingin melewatkan kesempatan yang berharga untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah dengan menjalankan ibadah di bulan suci Ramadhan, selain berpuasa. 

"Kesempatan yang sangat berharga bisa menjalankan ibadah terbaik (selain puasa) di bulan ini. Kami tidak akan melewatkan begitu saja. Semua civitas akademika MA Miftahussalam bahagia dan antusias dengan kegiatan yang menjadi program madrasah. Semoga kita semuanya mendapatkan keberkahan yang melimpah dari Bulan Ramadhan", ucapnya. 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment