Latih Kemandirian, MA Miftahussalam Gelar Bazaar Kewirausahaan
Gelar Karya P5-P2RA

By Administrator 27 Mei 2024, 07:16:29 WIB Pendidikan
Latih Kemandirian, MA Miftahussalam Gelar Bazaar Kewirausahaan

Gambar : Dewan guru membeli dan menikmati aneka produk yang disajikan peserta Bazaar Kewirausahaan


Wonosalam - Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) MA Miftahussalam semester genap tahun ajaran 2023/2024 sudah memasuki hari terakhir tepatnya Sabtu, 25 Mei 2024. Mengakhiri KBM, MA Miftahussalam mengadakan Gelar Karya P5-P2RA dalam kurikulum merdeka dengan tema Kewirausahaan di halaman Madrasah, Sabtu (25/05). Kegiatan dikemas dengan Bazaar Kewirausahaan, di mana peserta didik khususnya kelas X dilatih untuk memperjualbelikan aneka produk unggulan mereka. 

Ada sedikitnya 4 kelas yang menjadi peserta kegiatan. Dan tim dari ekstrakurikuler Kewirausahaan Tiramifsa juga turut memeriahkan dengan produk unggulannya. Beberapa produk kuliner yang disajikan antara lain pisang crispy, pisang coklat, sosis telur, baso aci, dan lumpia mie. Ada juga minumannya es jelly, es kuwut, es cappucino cincau, dan es lilin. 

Salah satu yang menarik dari kegiatan Bazar adalah metode pembayaran transaksi dengan menggunakan voucher yang telah disediakan panitia. Semua peserta didik diarahkan untuk membeli voucher tersebut sebagai transaksi yang sah. Meski demikian, mereka juga diperbolehkan untuk menggunakan uang cash dalam bertransaksi. 

Kegiatan Bazaar Kewirausahaan dimulai dengan pelaksanaan apel pembukaan yang dipimpin langsung oleh Kepala MA Miftahussalam. Dalam sambutannya Parsidi menyampaikan pentingnya ketrampilan berwirausaha. Hal itu bisa memberikan dampak yang luas untuk mengurangi pengangguran. 

"Selain mempelajari ilmu pengetahuan, kita harus mempersiapkan skill (keterampilan). Maka kita gelar karya (Bazaar) kewirausahaan ini agar kita punya kemandirian. Dengan berwirausaha, kita juga bisa membuka lapangan pekerjaan bagi yang membutuhkan. Sehingga mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia", ujarnya. 

Lebih lanjut, Parsidi menjelaskan tidak ada istilah cepat kaya kecuali berusaha bekerja keras dari hal kecil. Dalam berwirausaha carilah keuntungan sedikit tapi laris dagangannya. Selain itu, berdagang juga perlu diiringi dengan bersodaqoh, yaitu bisa menggunakan promo-promo yang menarik, sambungnya.

Besok pagi, Parsidi menambahkan, tepatnya hari Senin, 27 Mei 2024 kalian akan menghadapi Penilaian Akhir Tahun atau Sumatif Akhir Semester yang berlangsung selama 10 hari ke depan. 

"Untuk itu, siapkan diri kalian dengan belajar lebih giat. Jaga kesehatannya agar bisa mengikuti semua ujian mata pelajaran dengan baik. Semoga semuanya sukses dan mendapatkan keberkahan berlimpah dengan belajar di MA Miftahussalam", pungkasnya. 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment